Dataran Tinggi Dieng-Wonosobo

Dataran tinggi Dieng atau yang lebih kita kenal adalah Puncak DIeng yang berada di Kabupaten Wonosobo tersebut memang sedikit di kenal orang karena letaknya yang agak susah di jangkau, apalagi dengan medan jalan yang berkelok-kelok….

 

Akan tetapi bagi para pemudik yang kampung halaman berada di sekitar jawa tengah khususnya dekat dengan kota Kebumen, Purbalingga, Purwokert, CIlacap dan Banyumas tentu sudah tak asing lagi karena rute mudik mereka selalu melewati Kota Wonosobo…

 

Dataran Tinggi Dieng memiliki hawa nan sejuk seperti di kawasan puncak(tempat rekreasi di dekat kota jakarta) dan seperti Kota Batu(Malang)…..

 

Dataran Tinggi Dieng ini dapat diakses dari Kota Wonosobo sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi…. Jalanan yang menuju ke Puncak Dieng cukup curam dann berkelok seperti ketika kita melakukan perjalanan ke Bromo….

 

Setelah sampai di Dieng ada terdapat beberapa objek wisata yang dapat menghibur juga sekaligus menambah wawasan kita tentang sejarah, sebab di Dieng ini juga terdapat peninggalan candi-candi jaman dahulu….

http://imamthok.files.wordpress.com/2008/10/kompleks_candi_dieng.jpg

Lalu di Dieng juga terdapat telaga 3 warna yang konon katanya terjadi perubahan warna danau karena selendang putri yang tertinggal ketika mandi di telaga dan kemudian luntur yang akhirnya menyebabkan telaga ini menjadi berwarna….

https://i1.wp.com/www.kabarindonesia.com/fotoberita/200810171421141.jpg

Namun ada pendapat dari para tokoh yang menyebutkan bahwa perubahan warna ini terjadi karena adanya jenis-jens lumut yang tumbuh di dasar telaga…. dan selain itu air telaga juga hangat karena bercampur dengan belerang….

https://i1.wp.com/www.promojateng-pemprovjateng.com/publik/1699907022TOM_3125B1.jpg

Yang terakhir adalah Obyek Wisata Kawah Ijen, tempat ini merupakan tempat favorit wisatawan karena bisa melihat secara langsung kawah yang masih aktif menyemburkan ar hangat yang bercampur belerang, dan kawah ini pada saat tertentu akan memancar seperti air mancur, sehingga terlihat begitu indah…. Jika anda mau mencoba anda bisa juga memasak telur godok, anda tinggal cukup mencelupkan telur sekitar 3 menit, dan kemudian dapat langsung anda makan…. hem… laziz tentunya….

 

Jangan khawatir bila anda tidak dapat menikmati semua objek dalam 1 hari, di sekitar telaga 3 warna terdapat banyak sekali penginapan dan hotel dari yg biasa sampai dengan yang berbintang 3, dengan tarif yang berbeda pula….

 

Ada juga tradisi yang dilangsungkan di Dieng yaitu tradisi memotong rambut anak yang gimbal, anak-anak yang berrambut gimbal di masyarakat Dieng di anggap mebawa berkah, jadi jangan heran banyak melihat anak yang berrambut gimbal di sana sini….  Ritual yang di adakan bertujuan agar anak yang berambut gimbal pada dewasa nantinya tidak lagi berrambut gimbal, melainkan dapat tumbuh rambut secara noral… acara ini sangat sakral, anak yang akan mengikuti acara ini akan di perlakukan istimewa(semua keinginannya akan di penuhi)…..

 

Jika masih penasaran dengan Tradisi dan Objek wisata apa saja yang ada, datang saja di Dieng…. Anda akan mendapati suasana alam yang asri dan dapat melepas penat anda bersama keluarga….

 

Selamat berlibur……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: